MERDEKA BELAJAR

SMP PLus Rasana Rasyidah

Dokumentasi Kegiatan
Dokumentasi Refleksi dengan Audiens

TUJUAN

Di akhir sesi ini, peserta mampu:

Menjelaskan tentang merdeka belajar

VIDEO
PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM)

1.Mengenali dan memahami diri sebagai pendidik

2.Mendidik dan mengajar

3.Mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh

4.Mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti

5.Pendidikan yang mengantarkan keselamatan dan kebahagiaan

Mengutip pernyataan Ki Hajar Dewantara:

“Memberi ilmu demi kecakapan hidup anak dalam usaha mempersiapkannya untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti seluas-luasnya.”

“Maksud pendidikan itu adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun anggota masyarakat.”

Modul 1
Mengenali dan memahami diri sebagai pendidik

•Mengenali kelebihan dan kelemahan diri sendiri sebagai seorang pendidik, guru harus menggali potensi peserta didik dan terus berkembang supaya dapat mendampingi murid secara maksimal dan sebaik-baiknya

•Pendidikan menuntun kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan

•Guru harus adaptif terhadap perubahan dan perkembangan zaman

Modul 2
Mendidik dan mengajar

•Mendidik adalah menuntun secara kodrat yang ada pada anak agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

•Mengajar merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak secara lahir dan batin

•Manusia merdeka adalah manusia yang dapat bersandar atas kekuatan lahir dan batinnya sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain

•Sistem among (Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani)

Modul 3
Mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh

•Cara mendidik dan mengajar harus menyesuaikan dengan kodrat keadaan dan kodrat perubahan pada murid (perkembangan zaman)

•Pembelajaran yang berpihak pada murid dengan asas trikon (kontinyu, konvergen, konsentris)

Modul 4
Mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti

•Budi pekerti adalah hasil bersatunya gerak pikiran, perasaan dan kehendak sehingga menimbulkan suatu tenaga

•Budi pekerti merupakan perpaduan antara cipta, rasa dan karsa

•Budi pekerti peserta didik tidak hanya dibentuk di lingkungan sekolah saja tapi juga terbentuk dari lingkungan keluarga dan masyarakat

Modul 5
Pendidikan yang mengantarkan keselamatan dan kebahagiaan

•Sebagai seorang guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja, tetapi guru harus membimbing dan memantau peserta didik untuk mencapai pemahaman yang bermakna

•Setiap peserta didik memiliki kodrat kekuatan atau potensi masing-masing dalam dirinya

•Pendidikan yang dapat mengantarkan murid agar siap hidup dan memberikan kepercayaan bahwa di masa depan mereka akan mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan

Refleksi dan Kesimpulan

Hal yang saya pelajari dari proses berbagi pemahaman mengenai topik Merdeka Belajar adalah bertambah pengetahuan, saling belajar dan berdiskusi dengan rekan sejawat mengenai pentingnya merdeka belajar agar peserta didik dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan melalui pembelajaran bermakna dan sepanjang hayat dengan asas trikon sesuai dengan kodratnya.

Langkah kongkrit saya selanjutnya adalah terus belajar melalui Platform Merdeka Mengajar dan selalu update perkembangan peserta didik dengan rekan guru.

Categories: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *